Jumat, 13 Mei 2016

Akun 99designs on hold dan pengalaman yang aku dapat darinya

Hari ini aku merasa banyak mendapat pengalaman dan ilmu dalam dunia kerja profesional khususnya dunia design. Sebelumnya aku tidak pernah terlalu mengerti apa itu pekerja professional sebelumnya. Menurut yang aku tahu pekerja profesional adalah pekerja yang bersertifikat resmi dan terpercaya dari institusi tertentu, semisal lembaga profesi atau bisa juga sekolah.

Hal apa sih yang kamu alami hari ini hingga dapat pencerahan kayak gitu? Yap, kalau ada yang bertanya akan aku jawab, kalau tidak ada yang tanya aku akan menyiarkannya (haha). Ok, semua berawal pada pagi ini. Waktu bangun aku langsung bersemangat karena teringat tadi malam aku mendapat rate 3 star pada kontes 99designs yang aku ikuti, kesempatan besar-kan kalau aku bisa menang ($200, bro...). Langsung aku buka website 99designs, biasanya aka langsung masuk akun-ku tapi saat itu aku harus login dahulu. Aku ketik username, password dan enter, yang terjadi aku tidak bisa masuk. Aku coba reset password buka email dan ternyata ada beberapa e-mail masuk salah satunya dari 99designs. Kukira email tersebut email konfirmasi ganti password, ternyata itu adalah konfirmasi bahwa akun-ku di hold on alias dikunci sementara oleh 99designs. Intinya berisi bahwa design yang saya kirim tidak sesuai dengan standar 99designs. Bingung, desain di rate tinggi kok dikatain tidak sesuai standar?!!! Nih isi emailnya bagi yang mau tahu:


Your account has been put on hold for the following reason:
Hello, Thanks for your interest in 99designs. Unfortunately the current quality of your work does not fit our site standards. As a result, we have put your account on hold. We encourage you to improve your design skills. You can find design tutorials and inspirational work here: http://99designs.com/designer-blog/category/design-tips-and-resources/ After you have spent 3 months on your designs, please send a portfolio of 4 to 5 of your new designs in vector pdf file format to: designersupport@99designs.com with the subject line "Portfolio review: (Your 99designs username)". When submitting your portfolio, please zip the files and include the link to each contest from which the designs were created in the body of your email. We will review your submissions and determine if your account will be reactivated. If you have any questions or concerns, please do not hesitate to ask.


Akhirnya, browsing perihal akun 99designs yang dikunci, banyak hasil yang muncul. Bahkan ada yang muncul artikelnya berbahasa Indonesia, di baris kedua lagi. Aneh pikirku, karena kata kunci yang aku gunakan berbahasa Inggris. Ok, situs itu aku buka di tab baru, lalu aku scroll lalu aku menemukan link ke web yang judulnya sungguh sangat aneh dalam pikiranku. Topiknya adalah "How I Quit Working for 99Designs, Crowdspring and Mycroburst"

Langsung aku baca tuh isi website, isinya benar-benar suatu sudut pandang baru dari sisi designer. Benar-benar mempengaruhi sudut pandangku tentang apa itu profesionalitas kerja khususnya dalam dunia design. Semisal tentang sisi buruk sistem SPEC yang dijalankan oleh 99designs dan situs sejenis. Ternyata karena itu juga spertinya 99designs tak seramai dulu dan kalau lihat di alexa.com, rankingnya terus turun. Hal itu dikarenakan gerakan no-spec yang dilakukan oleh designer-designer yang tidak pro dengan spec work.

Akhirnya karena topiknya menarik, jadi kelanujtan deh baca-baca isi web tersebut plus klik tautan yang ada pada web tersebut. Dari tautan yang aku pilih, aku diarahkan ke banyak situs design dari situ aku belajar tentang apa itu design, bagaimana seharusnya menjadi seorang designer, bagaimana bekerja sebagai seorang profesional.

Dari artikel yang aku baca, aku menjadi sadar pentingnya menjadi seorang yang profesional, bagaimana seharusnya bekerja, menghormati diri sendiri, hasil karya sendiri. Selama ini motivasiku masuk 99designs yang paling besar adalah uang. Secara uang sebesar itu di negara yang berkembang seperti Indonesia adalah jumlah yang besar. Setelah membaca artikel itu bukannya membuat aku patah semangat, tapi membuatku semakin semangat untuk terjun di dunia desain. Tapi motivasinya bukan karena uang lagi, tapi karena ingin menghasilkan suatu karya yang memang benar-benar bernilai. 

Buat para designer yang newbie layaknya saya, pantaskanlah diri kamu sebelum terjun ke dunia desain. Jangan hanya karena komputer, software bajakan, skill pas-pasan, sama tekad mendapat uang terus kamu berani terjun ke dunia design. Yang kalian lakukan benar-benar hanya akan merusak dunia design. Dunia yang seharusnya dipenuhi dengan kreatifitas, akhirnya hanya akan dipenuhi oleh plagiat yang tidak menghargai karya orang. Hanya akan menghasilkan produk yang benar-benar tidak berkualitas dan tidak kreatif, lihat topik tentang logo yang overused.

Akhir kata, profesionalitas itu sangat penting. Profesionalitas bukan berdasarkan sertifikat, atau apapun yang ada diatas kertas. Profesionalitas adalah sebuah nilai, tercermin dalam tindakan seseorang. Tanamkan nilai profesionalitas pada diri kita sebelum terjun di dunia kerja manapun.

2 komentar:

  1. 99designs tidak menarik lagi bagi CH dan desainer....banyak yang komplain dan membatalkan kontes....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Likes... :)
      Setuju banget, kalau menggunakan 99designs sebagai platform untuk mencari uang sepertinya memang sudah kurang etis. Tapi jika digunakan sebagai media untuk mengasah kemampuan sepertinya sangat cocok banget...

      Hapus