Jumat, 16 Mei 2014

Cara Membersihkan Kotoran Telinga


Hari ini saya cuma mau share pengalaman saya tentang membersihkan telinga. Jadi begini ceritanya, pada waktu itu, telinga saya kemasukan air sabun. Terus saya ambil cutton bud, saya korek tuh telinga. Akan tetapi dikarenakan cutton bud-nya kebesaran, kotoran telinganya malah terdorong lebih kedalam, alhasil telinga saya malah menjadi berdengung karena tersumbat kotoran. Sempat bingung juga bagaimana ngambilnya, mau ke dokter THT males dan takut (pengalaman brooo), tapi kalau gak dibersihin, ganggu banget. Akhirnya dapat nemu solusinya berkat googling, berikut akan saya paparkan tipsnya.


Jadi begini, pertama saya beli obat tetes telinga untuk melumerkan kotoran telinga yang ada. Waktu itu obat yang saya beli adalah Forumen, produksi dari Sanbe. Saya pilih obat itu karena cuma di beliin saja, hehe. Selain itu di dalamnya juga disertakan pipet yang sangat membantu. Saya teteskan 2 tetes, 3 kali sehari dalam waktu 3 hari. Setiap penetesan, biarkan tubuh anda miring selama kurang lebih 10-15 menit. Selama 3 hari tersebut kotoran kemungkinan ada yang keluar dengan sendirinya, bersihkan dengan hati-hati, jangan sampai kotorannya malah terdolong lebih kedalam.


Setelah proses penetesan selama 3 hari selesai, saatnya proses pembersihan dengan menggunakan metode irrigation. Siapkan air hangat secukupnya dengan suhu kira-kira 35 derajat celcius. Gunakan pipet yang disertakan dalam obat tetes untuk menyedot air hangat tadi, kemudian semprotkan ke telinga anda. Saat menyemprotkan air, miringkan kepala anda ke arah telinga yang akan disemprot. Semisal anda ingin menyemprot telinga kanan, maka miringkan kepala anda kearah kanan. Semprot telinga anda dengan air hangat terus menerus, kotoran telinga akan keluar sendirinya. Semprot terus sampai air yang keluar dari telinga anda tidak berwarna kecoklatan lagi. Selama proses penyemprotan mungkin anda akan mengalami pusing/atau kehilangan keseimbangan sebentar.


Tambahan aja, cara ini jangan dipakai jika gendang telinga anda sobek. Karena jika gendang telinga sobek, maka air bisa masuk ke bagian belakang gendang telinga yang dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan berakibat fatal!!!

Sebagai tambahan, jangan suka terlalu sering membersikan telinga anda karena sebenarnya telinga anda bisa membersihkan diri. Perasaan merasa plong ketika telinga dibersihkan sebenarnya hanya sebuah persepsi.  Kalau membersihkan telinga, dianjurkan tidak memakai cotton bud, kalaupun memakai seharusnya pilih cotton bud yang perekatnya kuat sehingga kapas nantinya tidak tertinggal di dalam telinga dan berakibat fatal. Selain itu juga lebih baik pilih cotton bud yang kecil (untuk bayi) karena lebih mengurangi resiko terdorongnya kotoran telinga lebih ke dalam. Yang terakhir ketika ingin membersihkan telinga dengan bantuan cairan pembersih, sebaiknya pilih tetes telinga yang tepat. Tetes telinga itu  bermacam-macam jenis dan bermacam-macam fungsi, kalau masih belum yakin ketika membeli tetes sebaiknya tanya pada apoteker atau cari informasi lebih lanjut di internet atau bisa juga langsung konsultasi pada dokter telinga.

Saya bukanlah dokter atau ahli telinga, yang saya tulis diatas hanyalah sebuah pengalaman pribadi yang saya lakukan sendiri. Jadi yang saya tulis itu bukan teori atau sebuah karya sastra (hahaha). Saya menulisnya hanya untuk membagi pengalaman dan mungkin bisa membantu sesama. Jika merasa terbantu mungkin bisa meninggalkan jejak atau membagikan tulisan saya ke sahabat dan orang lain. Akhir kata terimakasih, karena sudah menyempatkan membaca tulisan saya sampai akhir.

5 komentar: